BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Dewasa ini
pertumbuahan perekonomian semakin ketat baik bergerak di bidang jasa ,pertanian maupun industri dan perdagangan .perusahaan harus
menciptakan pertumbuhan ekonomi baik secara formal dan non formal agar pertumbuhan perekonomian berjalan dengan
kondusif .perusahaan harus berani bersaing secara terbuka dengan demikian
perusahaan saling berinovasi untuk mencipakan sebuah produk yang berkualitas
dan bernilai tinggi .untuk mencapai tujuan tersebut ,perusahaan harus memiliki
sistem yang baik ,salah satu sistem yang harus
dapat dilakukan adalah menentukan sistem pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh perusahaan tersebut guna meningkatkan omsed penjualan.
Kegiatan utama pemasaran bisa disebut dengan
bauran pemasaran terdiri dari empat faktor ,yaitu produk,harga, kegiatan
promosi ,saluran distribusi .perusahan harus menerapkan strategi tertentu agar
menambah penjualan dari perusahaan sehingga
menejer pemasaran harus merencanakan konsep pemasaran yang baru .
Untuk meningkat kan penjualan perusahaan salah satunya adalah
memperhatikan saluran distibusinya .
Melihat Persaingan gelobal
semakin ketat dan para pendatang baru mulai
bermunculan dipasar dengan
peroduk yang sama ,dengan tenaga penjualan yang peropesional dan terlati dalam
berkomonikasi bagi peroduk yang lebih
duluh beredar dipasaran ini sebuah ancaman baginya atau menjadi keberuntungan
terhadap perusahaaan tersebut tergantung perusahaan menyikapinya .
Untuk menunjang peroses pemasaran perusahaan harus menentukan saluran
distribusi yang tepat .sebab saluran
distribusi sangat menentu dalam mencapai tujuan perusahaan apa bila terjadi kesalahan maka akan
berdampak buruk seperti itdak tersalurnya distribusi kepada .
1. Perusahaan yang akan menjualkan kembali peroduk tersebut
2. Perusahaan
yang akan membeli peroduk tersebut untuk mempelancar peroduksinya.
3. Lembaga atau organisasi yang akan
menggunakan peroduk tersebut untuk memperlancar kegiatan
oprasionalnya
dari permasalahan diatas dapat menjadi acuan bagi PT.DUTA JAYA UTAMA yang bergerak di bidang (Industrial
Chemicals Specialist) untuk meningkat kan distribusi peroduknya kepada
pelanaggan yang telah menjadi mitra kerjanya .di tengah persaingan ketat merek
harus menjadi beren yang baik dan
harus menjaga distribusinya agar tidak menjadi pemborosan dan dapat melakukan
penjualan secara optimal dari uraian di
atas ,maka penulis bermaksud untuk membahas salah satu faktor prmasaran ,yaitu
saluran distribusi yang dikaitkan dengan tingkat permasalahan yang diambil
dalam penulisan ilmiah yang berjudul”. ANALISIS
PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP HASIL PENJUALAN PT.DUTA JAYA UTAMA
1.2. Rumusan
Masalah dan Batasan Masalah
1.2.1.
Rumusan masalah
Rumusan masalah dalam penulisan ilmiah ini
adalah :
1. Bagaimana kegiatan distribusi pada PT.DUTA
JAYA UTAMA
2. Apakah biaya distribusi mempengaruhi hasil
penjualan pada PT .DUTA JAYA UTAMA
1.2.2
Batasan Masalah
Rumusan masalah dalam penulisan ilmiah ini
adalah :
1. Bagaimana kegiatan distribusi pada PT.DUTA
JAYA UTAMA
2. Apakah biaya distribusi mempengaruhi hasil
penjualan pada PT .DUTA JAYA UTAMA
1.3 Tujuan Penelitian
Dengan latar belakang dan rumusan masalah
seperti yang telah dipaparkan sebelumnya maka tujuan penelitian ini adalah :
1. Untuk
mengetahui kegiatan distribusi pada PT.
Duta Jaya Utama .
2. Untuk
mengetahui manfaat biaya distribusi terhadap tingkat penjualan
3. Untuk
mengkelarsifikasi biaya distribusi terhadap penjualan
1.4 manfaat penelitian
1. manfaat akademis
·
Menambah pengetahuan tentang mata kuliah ststistik kuhususnya
dalam bab analisis regresi
·
Untuk memenuhi persyaratan akademis yang telah ditentukan sebagai
salah satu syarat dalam mata kuliah penulisan ilmiah di fakultas universitas
genadarma .
2. Manfaat Praktis
Sebagai informasi dan bahan masukan bagi
perusahaan dalam melakukan kegiatan promosi sesuai dengan kondisi perusahaan
sehingga dapat mencapai keuntungan yang optimal.
1.5. Metode
Penelitian
1.5.1. Objek
Penelitian
Lokasi perusahaan yang akan digunakan sebagai
objek dalam penelitian ini adalah PT.Duta Jaya Utama yang beralamat Komplex Permata
Regensi Bekasi Jl.Jambu Raya NO.35
wanasari cibitung bekasi 17521
1.5.2. Data
/ Variabel
Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah biaya-biaya yang digunakan perusahaan dalam melakukan kegiatan disribusi
serta data penjualan perusahaan dari tahun 2006sampai dengan 2012.
1.5.3.
Metode Pengumpulan Data
Data yang dipergunakan dalam penulisan ilmiah
ini adalah data sekunder yang merupakan
data yang didapatkan dengan wawancara langsung dengan direkutur perusahaan
serta pengumpulan referensi dari berbagai buku dan contoh penulisan ilmiah
lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian serta menunjang landasan teori
yang menjadi pedoman dalam pembahasan masalah
penelitian.
1.5.4.
Hipotesis
Ada hubungan antara biaya distribusi terhadap
hasil penjualan.
1.5.5. Alat Analisis Yang
Digunakan
Alat analisis yang digunakan adalah :
1. Analisis Regresi linier sederhana
Metode regresi linier sederhana menganalisis
lingkungan antar dua variabel, yaitu
variabel independen ( bebas ) yang dilambangkan
dengan “ Y “ dan variabel dependen ( tidak bebas ) yang dilambangkan dengan “ X “. Hubungan antara kedua variabel
ini mempunyai persamaan matematika yaitu :

Rumus untuk mencari nilai a dan b adalah :

Dimana : a = Konstanta
b = Kemiringan garis regresi (mengukur
besarnya pengaruh
x dengan y bila x naik 1 unit)
x = Variabel independen ( biaya distribusi )
y = Variabel dependen ( hasil penjualan )
n = Lama periodik yang diperlukan
2. Analisis Korelasi
Koefisien korelasi adalah ukuran yang
digunakan untuk menentukan tingkat
keeratan hubungan linier antara dua variabel.
Rumus koefisien korelasi adalah :

3. Analisis Koefisien Determinasi
Untuk mengetahui besarnya pengaruh x terhadap
y, dan besarnya faktor-faktor lain yang mempengaruhi y yang dapat dinyatakan
dengan koefisien determinasi dengan rumus :

Dimana : Kd = Koefisien
Determinasi
r = Koefisien korelasi
4. Uji analisis
dengan menggunakan uji t

Tidak ada komentar:
Posting Komentar