satu ucapan/perbuatan yang menyenangkan hati seseorang satu kebaikan yang anda dapatkan...satu ucapan/perbatan yang menyakitkan hati seseorang satu keburukan yang anda dapatkan.

Rabu, 30 Mei 2012

ANALISIS PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP HASIL PENJUALAN PT.DUTA JAYA UTAMA


BAB  1
PENDAHULUAN
1.1.          Latar Belakang
Dewasa ini   pertumbuahan perekonomian semakin ketat baik bergerak di bidang  jasa ,pertanian  maupun industri dan perdagangan .perusahaan harus menciptakan pertumbuhan ekonomi baik secara formal dan non formal  agar pertumbuhan perekonomian berjalan dengan kondusif .perusahaan harus berani bersaing secara terbuka dengan demikian perusahaan saling berinovasi untuk mencipakan sebuah produk yang berkualitas dan bernilai tinggi .untuk mencapai tujuan tersebut ,perusahaan harus memiliki sistem yang baik ,salah satu sistem yang harus  dapat dilakukan adalah menentukan sistem pemasaran  yang tepat untuk diterapkan  oleh perusahaan tersebut  guna meningkatkan omsed penjualan.
Kegiatan utama pemasaran bisa disebut dengan bauran pemasaran terdiri dari empat faktor ,yaitu produk,harga, kegiatan promosi ,saluran distribusi .perusahan harus menerapkan strategi tertentu agar menambah penjualan  dari perusahaan sehingga menejer pemasaran harus merencanakan konsep pemasaran yang baru .
Untuk meningkat kan  penjualan perusahaan salah satunya adalah memperhatikan saluran distibusinya .
  Melihat Persaingan  gelobal semakin ketat dan para pendatang baru mulai  bermunculan dipasar  dengan peroduk yang sama ,dengan tenaga penjualan yang peropesional dan terlati dalam berkomonikasi  bagi peroduk yang lebih duluh beredar dipasaran ini sebuah ancaman baginya atau menjadi keberuntungan terhadap perusahaaan tersebut tergantung perusahaan  menyikapinya .
Untuk menunjang peroses pemasaran  perusahaan harus menentukan saluran distribusi  yang tepat .sebab saluran distribusi sangat menentu dalam mencapai tujuan perusahaan  apa bila terjadi kesalahan maka akan berdampak buruk  seperti  itdak tersalurnya distribusi kepada .
1.      Perusahaan  yang akan menjualkan kembali  peroduk tersebut
2.      Perusahaan yang akan membeli peroduk tersebut untuk mempelancar peroduksinya.
3.   Lembaga atau organisasi yang akan menggunakan  peroduk  tersebut untuk memperlancar kegiatan oprasionalnya
dari permasalahan diatas dapat menjadi acuan bagi  PT.DUTA JAYA UTAMA  yang bergerak di bidang  (Industrial Chemicals Specialist)  untuk   meningkat kan distribusi peroduknya kepada pelanaggan yang telah menjadi mitra kerjanya .di tengah persaingan ketat merek harus menjadi    beren yang baik dan harus menjaga distribusinya agar tidak menjadi pemborosan dan dapat melakukan penjualan secara optimal  dari uraian di atas ,maka penulis bermaksud untuk membahas salah satu faktor prmasaran ,yaitu saluran distribusi yang dikaitkan dengan tingkat permasalahan yang diambil dalam penulisan ilmiah yang berjudul”. ANALISIS PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP HASIL PENJUALAN PT.DUTA JAYA UTAMA
1.2. Rumusan Masalah dan Batasan Masalah
1.2.1. Rumusan masalah
Rumusan masalah dalam penulisan ilmiah ini adalah :
1. Bagaimana kegiatan distribusi pada PT.DUTA JAYA UTAMA
2. Apakah biaya distribusi mempengaruhi hasil penjualan pada PT .DUTA JAYA UTAMA
1.2.2 Batasan Masalah
Rumusan masalah dalam penulisan ilmiah ini adalah :
1. Bagaimana kegiatan distribusi pada PT.DUTA JAYA UTAMA
2. Apakah biaya distribusi mempengaruhi hasil penjualan pada PT .DUTA JAYA UTAMA

1.3  Tujuan Penelitian
Dengan latar belakang dan rumusan masalah seperti yang telah dipaparkan sebelumnya maka tujuan penelitian ini adalah :
1.      Untuk mengetahui  kegiatan distribusi pada PT. Duta Jaya Utama .
2.      Untuk mengetahui manfaat biaya distribusi terhadap tingkat penjualan
3.      Untuk mengkelarsifikasi biaya distribusi terhadap penjualan
1.4  manfaat penelitian
1. manfaat akademis
·         Menambah pengetahuan tentang mata kuliah ststistik kuhususnya dalam bab analisis regresi
·         Untuk memenuhi persyaratan akademis yang telah ditentukan sebagai salah satu syarat dalam mata kuliah penulisan ilmiah di fakultas universitas genadarma .

2. Manfaat Praktis
Sebagai informasi dan bahan masukan bagi perusahaan dalam melakukan kegiatan promosi sesuai dengan kondisi perusahaan sehingga dapat mencapai keuntungan yang optimal.
1.5. Metode Penelitian
1.5.1. Objek Penelitian
Lokasi perusahaan yang akan digunakan sebagai objek dalam penelitian ini adalah PT.Duta Jaya Utama yang beralamat Komplex Permata Regensi Bekasi  Jl.Jambu Raya NO.35 wanasari cibitung bekasi 17521
1.5.2. Data / Variabel
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah biaya-biaya yang digunakan perusahaan dalam melakukan kegiatan disribusi serta data penjualan perusahaan dari tahun 2006sampai dengan 2012.
1.5.3. Metode Pengumpulan Data
Data yang dipergunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah data sekunder  yang merupakan data yang didapatkan dengan wawancara langsung dengan direkutur perusahaan serta pengumpulan referensi dari berbagai buku dan contoh penulisan ilmiah lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian serta menunjang landasan teori yang menjadi pedoman dalam pembahasan masalah  penelitian.
1.5.4. Hipotesis
Ada hubungan antara biaya distribusi terhadap hasil penjualan.
1.5.5. Alat Analisis Yang Digunakan
Alat analisis yang digunakan adalah :
1. Analisis Regresi linier sederhana
Metode regresi linier sederhana menganalisis lingkungan antar dua  variabel, yaitu variabel independen ( bebas ) yang dilambangkan  dengan “ Y “ dan variabel dependen ( tidak bebas ) yang dilambangkan  dengan “ X “. Hubungan antara kedua variabel ini mempunyai persamaan matematika yaitu :

Rumus untuk mencari nilai a dan b adalah :
Dimana : a = Konstanta
b = Kemiringan garis regresi (mengukur besarnya pengaruh
x dengan y bila x naik 1 unit)
x = Variabel independen ( biaya distribusi )
y = Variabel dependen ( hasil penjualan )
n = Lama periodik yang diperlukan
2. Analisis Korelasi
Koefisien korelasi adalah ukuran yang digunakan untuk menentukan  tingkat keeratan hubungan linier antara dua variabel.
Rumus koefisien korelasi adalah :
3. Analisis Koefisien Determinasi
Untuk mengetahui besarnya pengaruh x terhadap y, dan besarnya faktor-faktor lain yang mempengaruhi y yang dapat dinyatakan dengan koefisien determinasi dengan rumus :
Dimana : Kd = Koefisien Determinasi
        r = Koefisien korelasi
4.      Uji analisis dengan menggunakan uji t

Tidak ada komentar:

Posting Komentar